Video

Diskusi Masa Depan Agama Sipil

Pembicara: Ihsan Ali-Fauzi & Tedi Kholiludin

Selasa, 10 September 2013, 19:00 WIB

Serambi Salihara

Sejak keruntuhan Orde Baru, agama merasuki ruang publik dengan wajahnya yang beragam. Dari yang menyerukan perdamaian hingga mengancam keselamatan penganut agama lain. Kekuatan agama tampak ingin kembali menguasai ruang publik yang pada zaman modern dikuasai oleh sekuarisme dan sains. Di tengah krisis terhadap sekularisme hari ini, agama merasa mendapat panggilan untuk menyelamatkan dunia. Fenomena ini semacam kebalikan dari munculnya “agama sipil” yang dulu pernah dinubuatkan akan lahir di era modern.

Yakni, agama yang tidak monolitik dan tidak benar-benar tersingkir, tetapi beradaptasi dengan peradaban, kemajuan, dan rasionalitas era modern. Kemunculan wajah agama yang sangar, beriring dengan meningkatnya kekerasan, terorisme dan politik tiran yang mengatasnamakan agama, seakan melemparkan kita ke Abad Pertengahan. Lantas, bagaimana masa depan agama sipil? Apakah ia akan tamat menghadapi penantangnya itu?

Ikuti diskusinya bersama Ihsan Ali-Fauzi dan Tedi Kholiludin. Ihsan Ali-Fauzi adalah Direktur Program Yayasan Wakaf Paramadina sekaligus dosen Universitas Paramadina, Jakarta. Sementara, Tedi Kholiludin menulis disertasi “Pancasila dan Transformasi Religiositas Sipil di Indonesia” di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, Jawa Tengah.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close