Berita

Makin Terbukti. Misteri Partikel Tuhan Terpecahkan

Pasca dihidupkan ulang tanggal 5 April kemarin, Large Hadron Collider (LHD) atau alat penghantam atom terbesar di dunia, berhasil mengungkap misteri lain dari partikel Tuhan. Apa itu?

Menurut Daily Mail (01/09), penelitian terakhir dari LHD berhasil mengungkap bagaimana partikel Tuhan bisa tercipta dan luruh, serta bagaimana partikel itu bisa berinteraksi dengan partikel lain.

Hasil penelitian itu sekaligus menjadi bukti bila partikel Tuhan selaras dengan teori Fisika lawas yang menjadi pegangan ilmuwan dalam meneliti setiap benda di alam semesta, yakni teori Model Standar.

Model Standar dari fisika partikel adalah sebuah teori yang menggambarkan gaya fundamental elektromagnetisme, lemah, dan kuat, dan juga partikel dasar yang membentuk seluruh benda. Teori itu sendiri sudah dipercaya sejak tahu 1970an.

“Partikel Tuhan menjadi alat yang sempurna untuk menguji teori Standard Model dan proses bagaimana sebuah benda bisa memiliki massa,” ujar Profesor Rolf Heuer, direktur utama dari Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) yang mengoperasikan LHD.

Berkat penemuan tersebut, kini fisikawan di seluruh dunia bergembira karena akhirnya mereka bisa menggunakan partikel Tuhan sebagai dasar dari penelitian mereka. Ini dinilai sebagai terbukanya pintu gerbang menuju penemuan lain yang lebih hebat di bidang Fisika

 

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close